Friday, July 4, 2008

Ensiklopedisme

Mengutip Kompas, 4 Juli 2008 dalam rubrik Opini, Pendidikan "Ensiklopedisme", oleh Robert Bala, halaman 6 : "Pendidikan kehilangan makna saat siswa hanya dijejali aneka informasi. Perez Gomez (1999) menyatakan, mereka diperlakukan bagai ensiklopedia hidup yang menyimpan banyak hal singkat, padat, dan (katanya) jelas serta pada saatnya (ujian) 'memuntahkannya'"

Tadi waktu baca kalimat di atas, rasanya pengen ketawa, haha, terutama di kata "memuntahkan". Benar sekali! Sedari SD dulu udah dicekokin sama Buku Catatan alias kumpulan soal-soal yang akan keluar saat ulangan. Kalau mau ulangan, cukup belajar dari catatan itu, dan... tadaaa.. nilai 9 sudah ditangan..! Bukannya sombong, tapi kan lucu kalau dipikir-pikir lagi.. Dulu, definisi sekolah buat gw itu adalah tempat untuk meraih nilai. Sebagai murid, cukup belajar dari catatan, dihafalkan, lalu kerjakan soal ulangan. Bahkan, kata-kata dalam soal ulangan pun terkadang sama persis dengan yang ada di catatan. Bahkan lagi, kalau bahan ulangan diambil dari kumpulan soal berbentuk pilihan ganda, dan model soal ulangan yang dikeluarkan juga pilihan ganda, jawaban pilihan a-b-c-d-e-nya juga sama persis, jadi kalau lagi males, cukup menghafalkan a-b-c-d-e-nya saja.

Sekarang gw lagi males protes sama sistem pendidikan, cara ngajar, ujian yang semata-mata mementingkan nilai, dan blablabla.. sebenarnya semuanya kembali pada pribadi masing-masing. apakah mau dibodohi dengan sistem seperti itu? Sebaiknya keingintahuan kita jangan terhenti dengan kata "Apa", tetapi juga "Bagaimana" dan "Mengapa". Setidaknya, kita bukanlah sebuah ensiklopedia hidup, atau pelajar yang hanya bermodalkan nilai. Tetapi bisa mengembangkan pola berpikir kreatif dan kritis. Bukan cuma manggut-manggut terus disimpen.

Hahahaha. Bisa-bisanya gw nulis seperti ini. Padahal kalau di sekolah, adanya juga main terima pelajaran aja. Terus tinggal belajar buat ujian, lulus, akhirnya dapet ijazah deh. Hahaha. Yah, gw nulis ini sebenarnya untuk diri sendiri juga. Supaya jangan terus-terusan jadi 'robot'...

2 comments:

glowingreen said...

waw.. keren ta postingannya..
berbobot sekali sih.. hehe..

atseir said...

hihi thnks^^
tapi pi, semoga ini bukan sekedar jadi postingan aja, tapi penerapannya itu masih perlu hihi