Wednesday, June 25, 2008

Indonesiawi

Gw baru tau ternyata setiap hr selasa mlm -dasar org kampung ga pernah ntn tv- ada tayangan menarik di Metro TV... Snap Shot! pasti tau lha. yup. tayangan yg menampilkan cuplikan2 pelanggaran lalu lintas di kota Jakarta! Sangat lucu dan menghibur. tiap orang pasti punya alibi masing2 yg beda2 dan...adaaa aja jawabannya! dan hampir semua pelanggar ternyata menyadari bahwa mereka salah dan merugikan orang lain, tapi tetep aja melanggar. alasannya? kebanyakan sih ngejawab supaya lebih cepet, lebih efisien. lha kalo begitu, buat apa peraturan susah payah sampe ada undang2nya dibuat.....? mungkin lu akan teringat dengan kalimat seperti ini "khan peraturan dibuat buat dilanggar......." baahhh..jawaban udah basi banget buat gw.. udah dari gw sd kali gw denger.. akh, please lha. walaupun peraturan atau hukum atau undang2 atau tata tertib atau apalah namanya itu dibuat berdasarkan pemikiran manusia -yg katanya makhluk ciptaan paling sempurna tapi ga ada yg sempurna itu- tapi pastilah kalau udah dibuat jadi sebuah aturan, pasti udah dipikirin dengan matang2 segalanya demi kesejahteraan si manusia itu sendiri (gila, kayak pelajaran Kn banget sih.) jadi, knpa sih kebanyakan dr kita ga bisa menghargai peraturan? bahkan sampai ada pengendara motor yg nekad lewat jembatan penyebarangan.. satu kata dr gw : kreatif! terus, ada yg berhenti di jalan layang buat pacaran sambil memandangi kerlap-kerlip lampu-lampu kota Jakarta.. satu kata lagi dr gw : romantis! buset, ga takut keserempet kendaraan laen yg lagi ngebut? (ikh, bilang aja sirik) sebenrnya sih tayangan seperti itu sifatnya nyindir buat masyarakat supaya lebih tertib dan buat aparat polisi supaya lebih tegas... yah buat lucu2an juga menghibur sih.. huahaha. gw bukannya sok2an baik atau disiplin, kalau gw-nya yg melanggar dan lagi apes di-stop polisi, pasti maunya cari 'jalan damai' donk...? daripada mesti ke 'meja hijau', mending ga usah pake meja2an deh... huahaha dasar..

gw jadi inget nih sama satu hal yang katanya udah jadi 'budaya' di kalangan pelajar Indonesia (kenapa kata budaya gw kasih tanda petik? karena guru Bahasa Indonesia gw pernah bilang, yang namanya budaya itu haruslah sesuatu yang 'baik'. catatan : baik di sini adalah baik dalam arti memenuhi norma kehidupan).. pasti udah bisa nebak dong, 'budaya' apakah itu?? iyaaaa...tepat sekali.. di sini gw juga ga mau sok2 suci bilang ga pernah nyontek y. karena gw pernah nyontek. waktu sd dan smp. waktu smp apalagi deh. huh. termakan 'rayuan setan' (huahaha alibi nih) dan anehnya, kita semua malah bangga dengan semua itu. udah tau salah kok malah bangga? mungkin buat 'identitas' diri kali, supaya dianggap dan ga 'dikucilkan' karena ga mau ikut sesuatu yg emang nge-tren. dan sayangnya, yg lagi nge-tren itu ga selalu baik. gw salut bener-bener salut sama orang yg berani bilang "tidak" kalau ada yang minta contekan. apapun lah alasannya. tapi yg pasti gw sangat respect sama mereka. walaupun mungkin sama anak2 lain dianggap 'ga gaul' dan sebagainya.. tapi..kalau mau jd 'gaul' ga mesti nyontek dong? udah bayar sekolah mahal2 kenapa malah nyontek? gw ga tau deh pikiran orang2 di sana kenapa pada mau nyontek. mungkin cuma ikut2an atau, emang ga bisa. jadi yah nyontek deh. tapi.. udah usaha dulu blm nih? gw baru tau kemaren kalau Cinta Laura dalam sehari bisa belajar 5-6 jam!! waaaww.. liat tuh! gw bukan pengagum Cinta Laura, tapi sangat salut dgn pengakuannya kmrn. 6 jam belajar gimana caranya?? kalau yg gw bayangin sih pasti dia ga belajar seperti cara gw belajar biasa, yg lebih difokuskan dengan mengerjakan soal yg kira2 bakal keluar.. ;p pasti dia bener2 mendalami sehingga dengan segitu 'enjoy'nya menghabiskan waktu 1/4 hari utk belajar.. wuss ga heran kalo dia dapet A! Hwhwhw kok malah ngomongin Cinta Laura?? yang penting yah usaha-nya lha. kalau merasa udah usaha sekeras mungkin, tapi hasil masih tak memuaskan, mungkin emang blm maksimal usahanya? atau emang lagi ga hoki? (gw percaya sama faktor 'keberuntungan' dalam ulangan lho) atau...emang kemampuan kita yg kurang, udah sekeras apapun tetep ga maksimal hasilnya? atau...kita yg menetapkan standar ketinggian? jadi..banyak cara lha. kalo mau belajar, yah pasti (mudah2an) bisa. ga usah nyontek. jangan nyontek lha. nyontek ga baik. nyontek merugikan. and, i'm not sayin' i'm innocent. karena gw juga pernah nyontek, tapi ga suka nyontek, dan syukurlah pas sma cuma nyontek laporan lab atau latian/pr, bahkan kadang bukan nyontek doank, malahan nyalin..haha.

dan, ada lagi nih satu 'budaya' lagi : ngaret!! apapun acaranya atau janjinya, selalu (hampir) mulai 1 jam lebih lambat setelah yg dijanjikan.. haiiyaahh.. saya jadi tukang ngaret karena semuanya juga ngaret.. (alibi lagi) siapa juga yg mau nunggu? jadi drpada saya yg harus jadi si penunggu, mending ngaret aja, tunggu ditelp, dateng2 semua udah nongol, tinggal jalann deh, hemat waktu dan tenaga. ohhh...pleaseee... gw akui dulu gw bangga jadi orang ngaret dan lebih milih jd si ngaret daripada si penunggu. tapi, gw mao mengubah kebiasaan itu skrg. bener deh. bener. pernah waktu itu ada acara kumpul di sekolah jam 9. gw udah jalan cepet2 sampai berkeringat. nyampe2 jam 9 tepat, dan acara belom mulai.. cape de. tapi saya bangga. paling tidak, yah bisa ngetawain (dalam hati) yg dateng lebih dari jam 9, walaupun mereka ga bisa dibilang telat sih, karena acaranya sendiri blm mulai.. huahaha. dan, dengan datang tepat waktu, artinya kita respect sama acara tsb atau org2 yg mau kita temuin. gw waktu itu pernah nonton salah satu acara pencarian bakat di tv, yg di mana salah satu jurinya ngaret. beneran, gw udah seenak jidat aja ngolok2 dia, ga profesional lha, bla bla bla lha, dan lain-lain.. yah, gw ga tau sih kenapa dia telat. apa karena macet? (alibi yg sering dipake di jakarta) atau emang lg ada urusan mendadak? atau apa apa apa, yah gw ga tau. walaupun hal ini kesannya 'sangat teknis sekali', tapi (gw sih) percaya kadang2 hal2 teknis kayak gitu yg lebih bisa menunjukkan suatu 'prestise' seseorang.. dari hal2 teknis yg kecil, kita bisa tau gimana seseorang bisa 'membawakan diri'..

mungkin ada yg berpendapat, sekali2 boleh dong keluar jalur? sekali2 boleh dong melanggar? yah, asal 'sekali-sekali'-nya itu jangan terus2an jadi 'duakali-duakali', 'tigakali-tigakali', atau 'puluhkali-puluhkali' aja. selain disiplin diri yg penting, kita juga harus fleksibel sama keadaan..

yukk, mari tanamkan disiplin diri yang tinggi sedari dini!! (pelajaran Kn banget sih hari ini)

sepertinya, post kali ini banyak sekali menyindir banyak pihak (dan diri sendiri) ya? terserah deh mau ditanggapi gimana. asal jangan dendam aja sama gw, terus gw diteror lagi. damai aja lha. ^^V *peace*

2 comments:

glowingreen said...

SETUJU!
kadang bete banget jadi tipe penunggu. Cuma kesel juga, kayanya orang yang ngaret tuh ga nyadar kalo mereka sangat mengganggu jalannya acara. haaah..
Semoga itu ga membudaya di generasi kita.
Oh ya, budaya itu seharusnya yang Baik? itu tuh ngena banget loh, ta buat gw..
Tapi kog gw berasanya selalu budaya yang jelek yang sepertinya telah mengakar di dalam orang Indonesia ini.. Berarti itu bukan 'budaya' ya?

atseir said...

gw juga sebenarnya msh bingung sih sama definisi 'budaya'... dulu, gw kira budaya itu sesuatu yg turun temurun, mengakar, dan jd 'ciri khas'..
tapi waktu itu inget ga pi, Pak Vit pernah bilang budaya itu harus sesuatu yg 'baik'.. dan nyontek itu jelas2 bukan sesuatu yg baik, jd apa pantas disebut budaya?
kalo dipikir2 iya juga sih.. masa budaya seperti itu yg mau kita tonjolkan sama negara laen?
hehe..kayaknya mesti buka kamus nih..